Rabu, 13 Juli 2011

Masjid Agung Sumedang, Jawa Barat



Sumedang, kota kecil yang bersemboyan Sumedang Tandang Nyandang Kahayang, kini menjadi ibukota Kabupaten Sumedang, terkenal dengan Tahu Sumedang-nya. Kota yang mejadi tempat pengasingan seorang Srikandi Bangsa, Pahlawan Nasional dari Nangroe Aceh Darussalam, Cut Nya’ Dien di masa penjajahan Belanda, dan makam beliau pun kini menjadi salah satu objek wisata religi di Sumedang. Sumedang, sudah sejak lama memiliki masjid tua bersejarah, bernama masjid Agung Sumedang, masjid terbesar di Kabupaten Sumedang.



Berdiri megah di pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, kian menawan setelah direstorasi. Keberadaan Masjid Agung yang pernah menjadi pusat penyebaran Islam di Sumedang dan sekitanya itu selain menjadi kebanggaan masyarakat, sekaligus menjadi salah satu bangunan cagar budaya yang harus dilestarikan.

Lokasi Masjid Agung Sumedang

Masjid Agung Sumedang berada di Jalan Prabu Geusan Ulun, Kelurahan Regol Wetan, kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang provinsi Jawa Barat. Tepatnya di Alun-Alun Kota Sumedang.

Alun-alun yang pada hari Jumat sore 4 Juni 2010 menjadi lokasi unjuk rasa warga masyarakat bersama dengan Pemkab Sumedang dibawah komando Bupati Sumedang Taufiq Gunawansyah, mengutuk sekeras-kerasnya tindakan Israel atas serangan brutal mereka ke kapal kemanusiaan yang akan menuju pelabuhan Gaza, Mavi marmawa. Bupati Sumedang bahkan berkirim surat kepada Presiden SBY untuk membantu Palestina meraih kemerdekaan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates