Kamis, 07 Juli 2011

Masjid Asy-Syajarah Mekkah




Masjid Syajarah artinya Masjid Pohon yang dinisbatkan kepada sebuah pohon yang letaknya berdekatan dengan Masjid Jin, kurang lebih 3 km dari Masjidil Haram. Diriwayatkan bahwasanya di tempat tersebut Nabi pernah memanggil pohon untuk ditanya tentang sesuatu.

Pohon itu datang memenuhi pangilan Nabi saw. Ia mendekat kepada beliau lengkap dengan batang dan akarnya seperti tercabut dari tanah, lalu berhenti di hadapan beliau. Setelah selesai urusan Nabi saw dengan pohon itu lalu beliau memerintahkannya untuk kembali lagi ke tempatnya semula.




Dari Masjidil Haram arah Bukit Marwa sedikit menanjak menyusuri bekas pasar seng yang sudah digusur. Lewat pertokoan yang masih tersisa, sekitar setengah kilo meter sebelah kiri jalan akan kita temui kantor pos besar sekaligus dibelakangnya adalah sentral telepon (STO) Ghaza.

Dari kantor pos kita melintas di bawah jembatan (flyover) Sulaymaniyah yang tembus ke Biban. Setelah melintas jembatan kita akan temui Masjid mungil cukup Indah. Itu yang disebut Masjid Syajaroh. Bersebrangan persis dengan gedung parkir Hujun. Dari Masjid Syajaroh sekitar seratusan meter berdiri Masjid Jin sebelum kita sampai ke pemakaman Ma’la. Antara Masijd Jin dan Masjid Syajaroh keduanya punya nilai sejarah yang saling berkaitan

Masjid Syajaroh artinya Masjid Pohon. Dinamakan Masjid Syajaroh karena ada berkaitan dengan mu’jizat Rosululla SAW. Dalam sebuah riwayat yang dituturkan oleh Al-Fakihi. Suatu ketika Nabi SAW sedang berada di suatu tempat yang sekarang disebut masjid jin. Beliau Rusulullah saw didatangi serombongan kaum jin. Para makhluk halus itu minta bukti keNabian Rosulullah SAW sebelum mereka masuk Islam.

Maka, Nabi SAW memanggil sebatang pohon yang tumbuh tak jauh dari tempat Nabi SAW berada. Lalu pohon itu tercerabut dari bumi memenuhi panggilan Nabi SAW hingga berada di hadapan beliau. Dan kemudian Nabi SAW menyuruh pohon itu kembali. Lalu pohon itupun kembali ketempat asalnya.

Dari riwayat tersebut disimpulkan, Mu’jizat tersebut terjadi tidak jauh, sekitar 100 m dari tempat yang sekarang berdiri masjid yang disebut masjid Jin di daerah Hujun dimana Rosulullah saw ketika itu berada. Sedang ditempat berdirinya pohon tersebut dibangun sebuah Masjid yang dinamakan Masjid Syajaroh (pohon). Allahu A’lam.

Masjid Syajaroh dan Masjid Jin pernah diperbaharui secara bersamaan pada tahun 2001 M (1421 H). Konstruksi dan arsitektur kedua Masjid tersebut dibangun sama persis, hanya Masjid Jin lebih besar.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates