Minggu, 17 Juli 2011

Masjid Raya Bandung




Masjid-baitullah.blogspot.com - Masjid Raya Bandung. Kali ini kita akan jalan-jalan mengunjungi Masjid Raya Bandung di kota Bandung. Seperti biasa, tujuan utamanya adalah wisata mengenal masjid-masjid bersejarah di kota Bandung. Namun kali ini ada tujuan lain, yaitu berkunjung ke beberapa masjid utama di kota ini. Ada tiga masjid yang aku kunjungi hari itu : Masjid Raya Bandung, Masjid Agung Al Ukhuwwah dan Masjid Pusat Dakwah Islam (PUSDAI).

Sebenarnya masih banyak masjid di sana yang ingin dikunjungi seperti Masjid Istiqamah, Masjid Salman, Masjid Cipaganti, Masjid Habiburrahman, dll. Tapi berhubung waktu tidak mencukupi, dan hal itu juga dilaksanakan di sela-sela jalan-jalan di kota Bandung, so.. masih banyak masjid yang belum sempat didatangi.




Masjid Raya Bandung, begitulah namanya. Dari beberapa sumber sejarah, masjid ini didirikan pada 1810 atau 1812. Waktu dibangun dulu, bentuknya masih berupa bangunan panggung tradisional sederhana yang terbuat dari bambu dan beratap rumbia.

Kemudian oleh pemerintah setempat dilakukanlah beberapa renovasi. Dan renovasi terakhir dilakukan pada tahun 2006 yang dilakukan bersamaan dengan penataan ulang alun-alun kota Bandung, pembangunan dua lantai basement dan tentu saja taman kota.

Masjid ini mempunyai luas 8,575 m2 dengan tinggi menara 99 m serta memiliki daya tampung hingga 15.000 jamaah.

Untuk mencapai masjid ini cukup mudah. Dari terminal Leuwi Panjang, kita dapat menggunakan bus Damri nomor 09 rute Lw. Panjang – Cicaheum. Bus tersebut akan lewat depan masjid ini.


Tampilan Eksterior

Sebenarnya tampilan luar masjid ini biasa saja. Namun dua menara yang tinggi itu yang mampu mengimbangi tampilan masjid ini. Sekilas, bisa dilihat jika bangunan masjid tersebut kurang terawat. Tampilan eksteriornya tampak kurang bersih. Hal itu ditambah dengan banyaknya para pedagang di sekitaran masjid yang membuat beberapa sampah ada di mana-mana. Mungkin perlu penataan bagi para pedagang tersebut dengan memberikan lokasi yang lebih layak, agar lokasi masjid menjadi rapi seperti di Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid ini mungkin menjadi masjid favorit bagi warga Bandung. Mengapa? Masjid ini terletak di alun-alun kota Bandung. Selain dapat melaksanakan sholat di sini, di halaman masjid dan sekilingnya banyak para pedagang yang menjual aneka makanan. Jadi selepas sholat, kita bisa melakukan wisata kuliner. Mau makanan apa saja khas Jawa Barat, ada di sana. Selepas makan, kita bisa duduk-duduk santai di taman kota sambil menikmati suasana sekitar.


Tampilan Interior

Bagian dalam masjid ini terdapat dua bagian, yaitu : Ruang dalam bagian depan yang cukup luas dan ruang sholat utama.

Ruang Dalam Bagian Depan masjid ini digunakan sebagai aula/hall untuk acara pengajian, pernikahan dan tentu saja untuk istirahat warga yang kebetulan singgah di situ. Ruang ini juga digunakan untuk sholat bagi mereka yang enggan untuk ke ruang sholat utama yang berada di ruang terpisah.

Ruang Sholat Utama berada di ruang terpisah dari ruang dalam bagian depan. Di antara kedua ruang ini dihubungkan dengan jembatan yang di bawahnya terdapat ruang wudlu (selain ruang wudlu bagian luar). Ruang sholat utama ini memiliki ruang yang luas dan berlantai dua.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates