Kamis, 30 Juni 2011

Masjid Sultan Riau, Pulau Penyengat



Pulau Penyengat atau lengkapnya bernama Pulau Penyengat Indera Sakti, adalah pulau kecil di kota Tanjung Pinang, Ibukota provinsi Kepulauan Riau (KEPRI). Pulau kecil dengan luas sekitar 240 hektar atau 3,5 kilometer persegi namun menyimpan begitu banyak warisan sejarah kebesaran Riau di masa lalu, sejarah sebuah kesultanan Islam yang begitu berpengaruh.

Sebut saja penyair Raja Ali Haji yang terkenal dengan karyanya yang begitu melegenda Gurindam Dua Belas, adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia dan dinobatkan sebagia Bapak bahasa melayu Indonesia, berasal dari Pulau kecil ini. Bila berkesempatan berkunjung ke Pulau ini anda dapat menikmati bait bait Syair Gurindam Dua Belas yang terpatri rapi di tembok dalam komplek pemakaman Engku Putri, tempat dimana Makam Raja Ali Haji berada.




Masjid Sultan Riau Pulau Penyengat
Masjid Sultan Riau atau lebih dikenal dengan sebutan Masjid Pulau Penyengat merupakan bangunan dari masa kegemilangan kesultan Riau di Pulau Penyengat yang masih terawat baik dari masa itu hingga hari ini.

Masjid yang kadang juga disebut sebagai masjid putih telur itu berada di posisi yang begitu mecolok mata dengan warna kuning menyala, dapat dipandang dengan mata telanjang dari pantai kota Tanjung Pinang, seakan menyambut dengan ramah semua orang yang berkunjung ke Pulau Penyengat. Keberadaan masjid ini menjadi Ikon sejarah yang begitu penting bagi Pulau Penyengat dan provinsi Kepulauan Riau.

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:
Free Blog Templates